welcome to media inspirasi bakat anak muda katolik rimbo bujang

Senin, 23 Maret 2015

Apakah Katolik Menyembah Patung dan Bunda Maria?

Pembuatan Patung
Berikut ini adalah ayat dari kitab keluaran 20 : 3-5 yang sering digunakan untuk menuduh bahwa katolik menyembah patung, padahal pembuatan patung dilarang.‎
3.Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. 4.Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. 5.Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, Tuhan, Allahmu, adalah Allah yang cemburu yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci aku.
3.You shall not have other gods besides me (NAB, CCB); no other gods before me(RSV, NIV, KJV); 4.You shall not carve idols (NAB); a graven image (RSV); any graven image (NIV, KJV); a carved image (CCB) for yourselves in the shape of anything in the sky above or on the earth below or in the waters beneath the earth; 5.you shall not bow down (NAB, RSV, NIV, KJV, CCB) before them or worship them: for I the LORD your God am a jealous God, visiting the iniquity of the fathers upon the children to the third and the fourth generation of those who hate me.
Catatan: NAB= New American Bible; RSV= Revised Standard Version; NIV= New International Version; CCB= Christian Community Bible.
Kata patung tersebut dalam bahasa inggris adalah carved idols atau graven image, dimana artinya adalah patung berhala.
Nah, kalo dilihat konteksnya maka yang tidak diperbolehkan adalah membuat patung untuk dijadikan berhala atau disembah. Lalu apakah boleh membuat patung namun tidak disembah? Tentu saja tidak ada masalah, Tuhan sendiri memerintahkan untuk membuat patung seperti yang terlihat dari ayat berikut :
Kel 25:18-19 : Dan haruslah kaubuat dua kerub dari emas, kaubuatlah itu dari emas tempaan, pada kedua ujung tutup pendamaian itu. Buatlah satu kerub pada ujung sebelah sini dan satu kerub pada ujung sebelah sana; seiras dengan tutup pendamaian itu kamu buatlah kerub itu di atas kedua ujungnya.
Bil 21:8 : Maka berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Buatlah ular tedung dan taruhlah itu pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup.”
Jadi, jelas bahwa umat katolik membuat patung tidak untuk disembah, melainkan mereka menghormati apa yang digambarkan oleh patung tersebut (misalnya para kudus atau Bunda Maria). Hanya Allah yang boleh disembah.
Berdoa Melalui Perantaraan Bunda Maria
Umat Katolik tidak pernah menyembah Bunda Maria, dan tidak ada satupun ciptaan yang bisa disejajarkan dengan Yesus Kristus yang adalah Allah.  Katekismus Gereja Katolik menjelaskan :
970 Adapun “peran keibuan Maria terhadap umat manusia sedikitpun tidak menyuramkan atau mengurangi pengantaraan Kristus yang tunggal itu, melainkan justru menunjukkan kekuatannya. Sebab segala pengaruh santa Perawan Maria yang menyelamatkan manusia … berasal dari kelimpahan pahala Kristus. Pengaruh itu bertumpu kepada pengantaraan-Nya, sama sekali tergantung daripadanya, dan menimba segala kekuatannya daripadanya” (LG 60). “Sebab tiada satu mahkluk pun yang pernah dapat disejajarkan dengan sabda yang menjelma dan Penebus kita. Namun seperti imamat Kristus secara berbeda-beda ikut dihayati oleh para pelayan (imam) maupun oleh umat beriman, dan seperti satu kebapakan Allah dengan cara yang berbeda-beda pula terpancarkan secara nyata dalam mahkluk-mahkluk, begitu pula satu-satunya pengantaraan Penebus tidak meniadakan, melainkan membangkitkan pada mahkluk-mahkluk aneka bentuk kerja sama yang berasal dari satu-satunya sumber” (LG 62).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar